Selasa, 27 Januari 2015

Filled Under:

Benarkah Einstein Penemu Teori Relativitas ? -'

SALAH satu ilmuwan terbesar abad 20, Albert Einstein amat terkenal dengan teori relativitasnya. Menurutnya, waktu adalah bersifat relatif dan dapat berubah tergantung keadaannya, yang ditentukan oleh massa dan kecepatan. Atas pemikirannya ini, Einstein dianggap ilmuwan terbesar karena dalam sejarah umat manusia, tak seorang pun mampu mengungkapkan fakta ini dengan jelas sebelumnya.
Namun, benarkah demikian? Apakah memang Einstein penemu pertama teori luar biasa ini?
Jauh sebelum teori relativitas waktu ini ditemukan, al-Qur’an sebagai mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW dan petunjuk bagi umat manusia, telah memberikan informasi tentang waktu yang bersifat relatif ini 14 abad silam! Hal ini bisa dilihat dari sejumlah ayat yang mengulas relativitas waktu ini:
“Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu menurut perhitunganmu.” (QS Al-Hajj: 47).
“Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.” (QS Al-Ma’arij: 4).
“Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS As-Sajdah: 5).
Bahkan dalam sejumlah ayat disebutkan bahwa manusia merasakan waktu secara berbeda, dan terkadang manusia juga dapat merasakan waktu sangat singkat sebagai sesuatu yang lama, seperti firman Allah:
“Allah bertanya: ‘Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?’ Mereka menjawab: ‘Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.’ Allah berfirman: ‘Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui’.” (QS Al-Mu’minun: 122-114)
Fakta bahwa relativitas waktu disebutkan dengan sangat jelas dalam al-Qur’an, yang mulai diturunkan pada tahun 610 M, adalah bukti nyata bahwa al-Qur’an adalah wahyu Allah. [sm/islampos/hy]

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 Mari Tambah Wawasan Kita.